Pentingnya Menentukan Tema Sebuah Blog

Saya bukanlah orang yang cukup expert untuk mengatakan hal ini, namun sejauh menurut pengalaman saya pribadi, menentukan sebuah tema ketika kita memutuskan untuk membuat sebuah blog bukanlah hal yang patut dianggap remeh. Saya tidak menyalahkan jika anda memutuskan membuat sebuah blog dan mengisinya dengan apapun yang ingin anda isi, karena toh itu blog anda sendiri. Yang akan saya ulas disini murni hanya berdasarkan pandangan pribadi saya saja.
Berikut beberapa alasan pentingnya sebuah blog memiliki sebuah tema yang jelas :

  • Blog Terkesan Lebih Profesional Dengan Materi Yang Terarah
Setidaknya inilah yang saya pelajari dari beberapa blogger yang sudah punya nama. Materi-materi blognya benar-benar terfokus dan tidak asal ngalor ngidul sehingga memberi kesan bahwa blog tersebut benar-benar dikelola dengan sangat baik. Saya rasa akan sangat lucu bila sebuah blog yang konsisten dan menggebu-gebu membahas tentang bisnis online pada postingan-postingan sebelumnya lalu secara tiba-tiba membahas tentang kasus video porno.
  • Pengunjung Bisa Fokus dan Mendapatkan Apa Yang Mereka Cari
Contohnya saja nih, anda membuat sebuah blog lalu mengisinya dengan materi komik manga Jepang, namun di sisi lain anda juga mengisinya dengan serangkaian postingan yang membahas tentang gosip selebriti Holywood, kemudian membumbuinya dengan sekumpulan postingan bisnis online yang anda ikuti untuk promosi mencari downline. Tidak menutup kemungkinan seorang pengunjung yang tadinya hanya berniat untuk membaca komik malah jadi kesasar membaca gosip-gosip selebriti Holywood, parahnya lagi jika pengunjung tersebut malah jadi kebingungan mencari komik yang tadinya ingin ia baca. Mungkin sekilas anda akan terlihat hebat karena dapat membuat pengunjung yang tadinya hanya ingin membaca komik menjadi terbuka pikirannya untuk membaca hal-hal yang lain, namun suatu hari ketika ia ingin membaca komik lagi mungkin ia sudah benar-benar lupa pada blog anda karena kenyataannya ia memang tidak pernah membaca komik dari blog anda, yang ia baca hanyalah sedikit gosip selebriti holywood dan artikel-artikel untuk menjadi kaya mendadak dari internet yang mungkin hanya membuat ia tersenyum.
Coba bandingkan dengan sebuah blog yang misalnya memiliki sebuah tema untuk men-share komik-komik manga terbaru, ketika seseorang berniat untuk membaca komik dan menemukan blog anda maka orang tersebut akan terus mengingat blog anda karena ia tau apa yang ia butuhkan ada disana. Mungkin ia senang karena mengetahui ada sebuah sarana blog yang komplit dan materinya terfokus pada apa yang ia butuhkan. Dengan begitu maka anda sudah mendapatkan seorang pengunjung yang potensial, dan terdapat banyak kejutan dari hanya seorang pengunjung potensial yang seperti itu.
  • Dapat Menjaring Pengunjung Yang Kita Inginkan
Contohnya saja anda membuat sebuah blog yang memiliki tema “Burung Kicau” dan anda memilik tujuan untuk saling berbagi kepada sesama pecinta burung. Jika anda konsisten untuk memuat artikel yang berhubungan dengan “Burung Kicau” maka tidak menutup kemungkinan bahwa blog anda akan banyak dikenal oleh para pecinta burung yang juga konsisten menjadi pembaca setia blog anda. Dengan begini maka anda termasuk sebagai orang yang berhasil mendapatkan pengunjung yang terarah persis seperti yang anda inginkan. Tentu akan menjadi kurang optimal jika anda berniat untuk menjaring pengunjung dari kaum para pecinta burung namun blog anda juga memuat hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan burung.
  • Dapat Mempertahankan Pengunjung
Mungkin sebuah blog yang memuat banyak tema dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung yang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Blog yang memiliki konten yang beraneka ragam temanya mungkin bisa mendatangkan 100 visitor dalam 1 hari, namun yang menjadi pertanyaan adalah : “Mungkinkah mereka akan kembali lagi?” Saya yakin kebanyakan dari mereka hanyalah terus datang dan pergi, lama-lama jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka pengunjungpun lama-lama bisa habis tanpa ada satupun yang mengingatnya. Ini justru berlawanan dengan sebuah blog yang bertema jelas dan dapat membuat pengunjung menyimpulkan bahwa blog tersebut menyediakan apa yang ia butuhkan secara terperinci dan terfokus sehingga ia akan menancapkan hatinya pada blog tersebut dan akan selalu kembali lagi kesana karena ia tau disanalah tempat ia akan menemukan apa yang ia benar-benar butuhkan. Menurut saya, memiliki pengunjung yang banyak memang keren, namun mempertahankannya itulah yang sulit.
  • Pengelolaan Sebuah Blog Menjadi Lebih Mudah
Sejauh pengalaman saya sendiri, memiliki blog dengan tema-tema yang fokus juga membantu saya ketika saya memiliki sebuah ide untuk membuat sebuah postingan. Saya tidak perlu repot-repot memusingkan apakah postingan tersebut harus saya publish atau tidak karena saya memiliki banyak pilihan blog. Jika postingan yang baru saja saya buat bersifat komersil maka saya tinggal memasukkannya ke blog saya yang memang membahas tentang money online, atau jika postingan tersebut dirasa agak nyeleneh namun saya tetap bersikeras untuk mempublishnya maka saya tinggal memasukkannya ke blog lainnya yang memang menampung banyak tulisan-tulisan saya yang tidak beres. Jadi saya tidak perlu khawatir karena blog saya yang kontennya serius tidak akan rusak karena memuat konten yang nyeleneh atau ngawur.
Lalu bagaimana dengan blog yang menyisipkan hal-hal yang berbau komersil dan blog yang memuat banyak tema sekaligus dalam satu blog?
Mungkin sedikit sarana promosi atau iklan bukanlah hal yang kebangetan untuk sebuah blog yang sudah memiliki tema yang pasti, karena kita tidak menutup mata pada fakta bahwa memoneytize blog adalah salah satu tujuan kebanyakan orang dalam kegiatan blogging. Namun beberapa hal yang berbau komersil dan dilakukan secara berlebihan malah justru akan membuat muak sebagian orang. Tentu akan berbeda jadinya jika anda memang memutuskan untuk membuat sebuah blog dengan tema “Bisnis Online” karena blog semacam itu memang dibuat sebagai sarana promosi besar-besaran sekaligus untuk saling berbagi tentang hal-hal yang bersifat komersil.
Mungkin sekilas blog anda akan terlihat keren karena memiliki konten yang beraneka ragam dan komplit namun pernahkah anda berpikir bahwa tidak semua pembaca menyukai hal-hal semacam itu. Sekali lagi saya tekankan disini, saya tidak pernah menganggapnya sebagai hal yang salah, hanya saja saya menganggapnya sebagai hal yang kurang lumrah. (Murni, hanya opini dari seorang Agus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s