Birokrasi itu Super …

Satu hal yang ga’ pernah bisa bikin aku memaklumi birokrasi di negara ini yaitu KERIBETAN-NYA yang luar biasa !! Untuk bikin 1 KTP aja perlu langkah-langkah yang lumayan banyak dan bertele-tele, mulai dari RT dilanjut ke RW, lanjut lagi ke kelurahan, Kecamatan, Kantor Catatan Sipil, semuanya cuma butuh 1 hal yang disebut SURAT PENGANTAR !!.

Birokrasi-itu-Super …

Bukannya ga’ menghormati sistem yang sudah dibangun susah payah ma orang-orang di pemerintahan sono, tapi rasanya kok semua langkah-langkah yang ada di sistem rasanya kok kurang efisien.

Aku pernah yang namanya bolak-balik kelurahan-Kecapil cuma gara-gara kurang selembar kertas inilah, kurang cap inilah. Pihak kelurahan “ga’ jelas” memberikan arahan” ditambah pula ma pihak Kecapil yang “semau gue dalam memberikan arahan”. Aku memang bodoh kalo berurusan dengan yang namanya birokrasi, jadi ya maklum-maklum aja kalo aku cuma bisa manut disuruh bolak balik demi 1 lembar kertas.

Di satu sisi, semua aksi SUPER ribet ini justru jadi lahan rejeki bagi para calo yang justru super tokcer sekaligus cepat kalo dipake’ untuk ngurusin hal-hal yang beginian. Lha ini hebatnya birokrasi kita.

Mungkin ide untuk menggabungkan semua bagian mulai dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kantor Catatan Sipil, Kantor polisi (karena ada beberapa hal yang dalam kepengurusannya diperlukan SKCK) dikumpulin jadi satu dalam satu gedung terkesan agak sedikit ekstrim dan sangat ga’ mungkin lantaran setiap bidang punya porsinya masing-masing yang udah ribet duluan dari sononya,

Tapi coba aja bayangkan gimana kalo itu semua sampe terjadi ?? Semuanya jadi super efisien !! Ga’ perlu lagi bolak balik ke rumah pak RT yang kebetulan lagi maen badminton, ga’ perlu lagi nunggu berjam-jam di rumah pak RW yang kebetulan lagi pengajian, ga’ perlu lagi ngisi berlembar-lembar berkas dikelurahan (pengalaman pribadi : katanya buat arsip tapi 2 bulan kemudian udah hilang aja tuh berkas), ga’ perlu lagi sok imut waktu minta tanda tangan di Kecamatan, ga’ perlu lagi berdesakan di Kantor Catatan Sipil, ga’ perlu lagi sok sopan dan pura-pura takut di kantor polisi, dan seterusnya dan seterusnya.

Oke, tulisan di atas sebagai unek-unek hidup di Solo, kok gitu ?? ya karena di kampung tercinta di Argamakmur ga’ pernah tuh yang namanya ribet untuk ngurus semua hal yang namanya “HAK SEBAGAI WARGA NEGARA”.

Sempat sekilas aku mikir gini : Lha kalo sekedar pengen ngurus KTP atau KK aja ribetnya seperti ini kenapa banyak teroris yang ga’ ketangkep ?? Coba aja hitung ada berapa instansi yang menyimpan berkas untuk 1 warga : Nama dan identitas anda akan dicatat di setiap instansi yang anda mintai SURAT PENGANTAR !! Tapi kemudian aku sadar kalo ternyata para teroris di negara ini mungkin males kalo disuruh ngurus identitas diri, mereka lebih memilih nyatroni instansi pemerintahan sambil membawa BOM !! bukannya membawa foto 3×4 apalagi membawa fotocopy KK.

Yang jadi misteri bagiku sekarang adalah : gimana dengan nasib orang-orang di Las Vegas sono ya?? Apa seribet orang-orang di Indonesia ?? Lha RT/RW-ne sopo ??

Nb : Aku ga’ begitu paham apa itu arti dari Birokrasi, tapi kalo mengutip dari Wikipedia, “Birokrasi diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana  lebih banyak orang berada di tingkat bawah daripada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administrasi maupun militer.”  Jadi mungkin RT, RW, Kelurahan dan sebangsanya termasuk dalam satu piramida yang dimaksud (inilah kenapa aku menyebutnya sistem birokrasi. Tertawa terbahak-bahak)

 

*Sumber Gambar sekaligus baca’an yang membuat aku paham kenapa Birokrasi itu menyebalkan :

Mengapa Birokrasi Menyebalkan ?

4 thoughts on “Birokrasi itu Super …

  1. Betul sob,,,,,
    masih mending berurusan sama preman atau calo,, ri pada harus berurusan sama mereka. Meski memang prosedur,,, tapi sungguh melelahkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s